banner

Malam Pekan Kebudayaan Daerah Merangin 2023 Diwarnai Pertunjukan Seni

Malam Pekan Kebudayaan Daerah di halaman kantor baru Bupati Merangin. Minggu (17/9/2023).
Malam Pekan Kebudayaan Daerah di halaman kantor baru Bupati Merangin. Minggu (17/9/2023).

JambiWin.Çom Bangko -Malam pertama Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Kabupaten Merangin 2023, diwarnai dengan berbagai seni pertunjukan dari sejumlah daerah dalam Kabupaten Merangin, Minggu malam (17/9/2023).

Seni pertunjukan itu mulai dari fashion show, peragaan aneka jenis busana, berbagai jenis tarian kearifan lokal Merangin dari sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Merangin dan lantunan lagu-lagu terpopuler terkini oleh artis lokal.

banner

‘’Melalui kegiatan ini, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Merangin untuk selalu bersama-sama, bersinergi dan berkolaborasi untuk terus mempromosikan pembangunan yang berkelanjutan,’’ujar Bupati Merangin H Mashuri.

Pembangunan yang berkelanjutan itu jelas bupati, dapat terwujud lingkungan yang lestari dengan memuliakan warisan bumi, untuk mensejahterkan kehidupan masyarakat.

Sementara itu Wabup Merangin Nilwan Yahya mengatakan, pada PKD Merangin 2023 juga dilaksanakan seminar international. Beberapa rangkaian acara lainnya, aneka lomba kuliner, seni dan budaya, bazar ekraf, pameran geopark-geopark yang ada di Indonesia.

Pasca ditetapkannya Geopark Merangin menjadi Merangin Jambi Unesco Global Geropark (MJUGGP), seminar internasional ini merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan dengan tema “promoting the best way to connect people with world’s heritages of geodiversity, biodiversity, and cultural diversity to prompt sustainability”.

‘’Dengan tema ini diharapkan dapat mengenalkan Geopark di tengah masyarakat lewat narasumber yang terdiri dari akademisi, praktisi dan peniliti yang telah ahli di bidangnya,’’terang Wabup.

Terpisah Kabid Seni Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merangin Weni Rahmayeni mengatakan, bahwa PKD Merangin 2023 ini sangat spesial, sebab tak hanya pertunjukan kesenian dan kebudayaan yang ditampilkan, festival ekonomi kreatif juga menjadi data tarik pengunjung.

“Alhamdulillah PKD Merangin 2023 ini spesial, acara ini juga bagian dari rangkaian Pertikawan Regional Sumatera, Geofest dan Festival ekonomi kreatif. Semoga dengan adanya acara ini ekonomi masyarakat bisa tumbuh,”harapnya.

Tampak hadir pada malam DKM Merangin 2023, Direktur Khorat UGGP Thailand Dr.Jaron d, Komite Nasional Geopark Indonesia untuk UNESCO Ir Yunus Kusumahbrata, M.SC,. Phd.

Selain itu juga hadir Sekretaris jaringan Geopark Indonesia Ny Meliawati Ang, Peneliti Badan Geologi Kementerian ESDM Republik Indonesia, A Ratdomopurbo, Profesor Universitas Jambi Prof Dr Johanes, S.E., M.S, Rektor Universitas Jambi Dr Yesi Elfisa, M.Pd dan Geologis Universitas Jambi, Ir.Hari Wiki Utama, S.T, M. Eng.

Juga hadir unsur Forkopimda Kabupaten Merangin, Sekretaris Daerah Kabupaten Merangin Fajarman, para Staf Ahli Kabupaten Merangin, para Asisten Sekretariat daerah Kabupaten Merangin. para kepala OPD Kabupaten Merangin, para pemimpin kontingen daerah Pertikawan Regional Sumatera 2023 dan para peserta Pertikawan Regional Sumatera 2023. (Edo) 

banner