Pamitan Dengan Warga di Empat Kecamatan, Bupati dan Wabup Canangkan Kampung Keluarga Berkualitas se-Kabupaten Merangin

Bupati Merangin H Mashuri dan Wabup Nilwan Yahya Canangkan Kampung Keluarga Berkualitas (KKB).
Bupati Merangin H Mashuri dan Wabup Nilwan Yahya Canangkan Kampung Keluarga Berkualitas (KKB).

JambiWin.Com,Bangko – Bupati Merangin H Mashuri dan Wabup Nilwan Yahya, melakukan kunjungan kerja dialog/audensi dengan perwakilan warga dari empat kecamatan, Margo Tabir, Tabir Selatan, Tabir Ilir dan Tabir Timur.

Acara pamitan bupati dan wabup Merangin yang akan mengakhiri masa tugas pada 22 September 2023 mendatang tersebut, berlangsung meriah di pelataran kantor Camat Tabir Selatan, Senin (11/9/2023).

‘’Senang sekali hari ini kami bisa langsung bertatap muka dan menampung aspirasi warga dari empat kecamatan di Tabir. Terimakasih atas sambutan yang luar biasa ini,’’ujar Bupati.

Setelah 2,5tahun mengabdi sebagai wakil bupati Merangin dan selama 2,5 tahun mengabdi sebagai bupati Merangin, H Mashuri merasa masih banyak aspirasi warga yang belum terakomodir.

‘’Untuk itu sebelum saya mengakhiri masa kerja, atas nama Pemerintah Kabupaten Merangin dan atas nama pribadi saya minta maaf yang sebesar-besarnya,’’terang H Mashuri didampingi Wabup Nilwan Yahya.

Berbagai aspirasi warga yang belum terakomodir itu juga disebabkan Covid-19, karena anggaran yang mestinya bisa untuk membangun Merangin, sehingga disedot untuk penanggulangan Covid-19.

‘’Setelah Covid-19 kita dihadapkan lagi bagaimana memulihkan perekonomian masyarakat pasca Covid-19. Alhamdulillah sekarang pertumbuhan ekonomi Merangin berada dilevel positif,’’terang Bupati.

Program pemulihan ekonomi lanjut bupati, juga semakin pesat dengan pertumbuhan 5,6 persen. Tingginya inflasi Provinsi Jambi akhir-akhir ini juga menjadi perhatian serius Pemerintah Pusat.

‘’Kita bersyukur karena untuk penurunan inflasi di seluruh Indonesia kita berada diurutan ke-7. Alhamdulillah kenaikan inflasi itu dapat dikendalikan dengan cepat,’’jelas Bupati.

Sedangkan atas lobi yang dilakukan ke Pemerintah Pusat tegas bupati, Kabupaten Merangin berhasil mendapatkan kucuran kenaikan Dana Alokasi Khsusus (DAK) pada 2023 sebesar 400 persen dari tahun 2022.

DAK pada 2024 jelas bupati, akan terus mengalami peningkatan, karena Kabupaten Merangin selalu terbuka terhadap bebagai investor yang akan masuk ke Kabupaten Merangin.

Tampak hadir pada acara tersebut, Ketua TP PKK Merangin Hj Nurhaida Mashuri, perwakilan Forkopimda Merangin, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Merangin dan pewakilan dari BKKBN Perwakilan Provinsi Jambi.

Pada acara tersebut juga dilakukan pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas (KKB) serentak untuk 205 desa dan 10 kelurahan dalam Kabupaten Merangin, ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Merangin H Mashuri.

Sementara itu Wabup Meragin Nilwan Yahya, berterimaksih kepada BKKBN Perwakilan Provinsi Jambi yang telah mencanangkan KKB secara secara serentak untuk semua desa dan semua kelurahan di Kabupaten Merangin.

Melalui KKB itu, wabup minta untuk terus meningkatkan kesejahteraan keluarga dan memberantas kemiskinan ekstrim. ‘’Tempo hari Merangin dinyatakan sebagai kabupaten yang kemiskinan ekstrimnya berada diurutan kedua di Provinsi Jambi,’’ujar Wabup.

Namun berkat kerja keras tim Merangin lanjut wabup, sehingga dari angka 4,2 persen kemiskinan ekstrim, pada Agustus 2023 turun menjadi 0,9 persen. Untuk itu wabup mengajak untuk selalu bekerja secara professional dan Ikhlas.

‘’Alhamdulillah pada 2024 nanti untuk honor Kepala Desa dan Badan Pemusyawarahan Desa akan mengalami kenaikan sebesar empat persen dari sebelumnya,’’terang Wabup disambut tepuk tangan para kades yang hadir.

Kunjungan kerja bupati dan wabup itu dilanjutkan dengan tanya jawab dengan warga yang diwakili para kepala desa yang hadir. Dari berbagai pertanyaan yang dilontarkan kades, bupati dan wabup banyak medapatkan masukan positif dari warga.

Di penghujung acara, bupati dan wabup serta para pejabat yang hadir membagikan hadiah kepada para pemenang lomba kegiatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Kacamatan Tabir Selatan.

Untuk lomba video kreativ juara pertama Desa Mekar Jaya, juara kedua Desa Bungo Tanjung, juara ketiga Desa Rawa Jaya dan juara harapan Desa Sinar Gading. Sdangkan pemenang lomba paduan suara juara pertama Desa Rawa Jaya, juara kedua Desa Bungo Tanjung, juara ketiga Desa Muara Delang dan juara harapan Desa Sungai Sahut.

Pada kesempatan itu, bupati dan wabup juga membagikan Kartu Tanda Penduduk atas perekaman E-KTP yang dilakukan Dukcapil Merangin pada peringatan HUT RI ke-78 di empat kecamatan tersebut.(Edo)