banner

Bupati Merangin dan Wabup Buka Kenduri Swarnabhumi, Bantai Kerbau dan Bazaar Kuliner UMKM Kearifan Lokal

Bupati Merangin H Mashuri dan Wabup Nilwan Yahya resmi buka Kenduri Swarnabhumi di Desa Tiga Alur Pangkalan Jambu.
Bupati Merangin H Mashuri dan Wabup Nilwan Yahya resmi buka Kenduri Swarnabhumi di Desa Tiga Alur Pangkalan Jambu.

JambiWin.Com,Bangko – Bupati Merangin H Mashuri didampingi Wabup Nilwan Yahya, secara resmi membuka Festival Pangkalan Jambu Blek Gedang Anak Negeri (Kenduri Swarnabhumi), di Desa Tiga Alur Kecamatan Pangkalan Jambu, Jumat (1/9/2023).

Acara yang mengangkat budaya peninggalan nenek moyang warga setempat tersebut, juga dihadiri Ketua TP PKK Merangin Hj Nurhaida Mashuri dan Wakil Ketua TP PKK Merangin Ny Juniarti Nilwan.

banner

Tampak juga Wakil Ketua DPRD Merangin Ahmad Kausari dan perwakilan Forkopimda, Asisten II Setda Merangin Suherman, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Merangin dan OPD Provinsi Jambi dan para Camat serta Kades.

Kenduri Swarnabhumi jelas bupati, merupakan agenda rutin yang setiap tahun dilaksanakan. ‘’Tujuannya untuk memperkenalkan budaya leluhur kita kepada generasi penerus dan mengangkat UMKM kita,’’ujar Bupati.

Bupati berterimakasih kepada wabup, wakil ketua DPRD dan masyarakat Pangkalan Jambu, yang telah mengkolaborasikan budaya setempat dengan budaya dari Minang, Jawa dan daerah lainnya, sehingga memperkaya budaya Merangin.

Selanjutnya bupati, wabup, ketua TP PKK dan wakil ketua TP PKK Merangin sekitar pukul 15.30 WIB memotong pita tanda dibukanya Bazaar Kuliner dan Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM), di lokasi Kenduri Swarnabhumi.

Berbagai jenis makanan ditampilkan pada bazaar itu, dari Desa Kampung Limo ada kuliner sambal Kalio Ayam Cukik Kalapo, dari Desa Tanjung Mudo ada Gulai Tampoyak Pucuk Kamumu.

Selain itu dari Desa Sungai Jering ada Kueh Boko, dari Kecamatan Renah pembarap ada Gulai Tempoyak Daun Semantung, dari Desa Tiga Alur ada Selemak Pengek Pisang dan Kueh Penyaram.

Sedangkan dari Desa Bukit Perentak ada Kueh Bika dan Galemai Perentak dari Desa Bara Pangkalan Jambu ada Kueh Lepek Kundo dan dari Desa Bungo Tanjung ada Kue Kelapo dan Sambal Tanak.

‘’Semua jenis kuliner ini, bisa dikenal sampai manca negara sana, makan akan banyak wisatawan Geopark Merangin yang akan berkunjung. Teruslah gali berbagai potensi kearifan lokal seperti ini,’’pinta Bupati.

Terpisah, Wabup Merangin Nilwan Yahya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah dan seluruh masyarakat Kecamatan Pangkalan Jambu yang telah menjadi tuan rumah.

‘’Semoga dengan terselenggaranya acara ini tidak hanya melestarikan tradisi dan budaya daerah saja, melainkan juga akan mampu membawa manfaat yang besar untuk masyarakat dengan menggeliatnya dan meningkatnya perekonomian masyarakat,’’ujar Wabup.

Sebelumnya usai Sholat Subuh berjemaah masyarakat setempat membantai kerbau. Daging kerbau ini nanti akan dihidangkan pada jamuan makan malam bersama Gubernur Jambi H Al Haris dan tamu dari Dirjen Kebudayaan pada Sabtu malam (2/9/2023). (*)

banner