banner

Wagub Jambi Sani Tegaskan Mahasiswa Poltekes Harus Miliki Wawasan Kebangsaan

Wagub Jambi Abdullah Sani.
Wagub Jambi Abdullah Sani.

JambiWin.Com – Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani membuka secara resmi Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa dan Mahasiswi Baru (PKKMB) Politeknik Kesehatan Kemenkes Jambi Tahun Akademik 2023/2024, bertempat di Lapangan Upacara Politeknik Kemenkes Jambi, Senin (31/07/2023).

Hadir pada kesempatan tersebut Direktur dan Civitas Academica Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi, Kepala OPD terkait Pemerintah Provinsi Jambi dan Mahasiswa dan Mahasiswi Baru Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi serta para tamu undangan lainnya.

banner

Disampaikan Wagub bahwa selaku mahasiswa dan mahasiswi yang baru diterima di kampus, maka mahasiswa dan mahasiswi harus bisa beradaptasi dengan tepat dan cepat dengan kehidupan kampus, karena proses pembelajaran di sekolah (SLTA) sangat berbeda dengan proses pembelajaran di kampus/di perguruan tinggi.

“Jika waktu sekolah (SMA/SMK) bahan pembelajaran kalian hampir semua ditetapkan oleh guru, di perguruan tinggi/dalam pembelajaran di kampus, mahasiswa-mahasiswi dituntut untuk lebih banyak menggali, mengeksplorasi dan mengembangkan sendiri. Selain itu, kalian dituntut untuk membangun pemikiran analitis (analytical thinking), kritis, tidak hanya membaca teks tetapi juga memahami konteks serta bisa memberikan/menawarkan solusi melalui riset. Oleh karena itulah maka ada perbedaan dengan siswa-siswi, sehingga menyandang predikat sebagai maha, yakni mahasiswa dan mahasiswi,” jelas Wagub Sani.

Wagub Sani juga menuturkan bahwa mahasiswa harus memiliki wawasan kebangsaan yaitu Empat Pilar Kebangsaan yang menjadi landasan dalam hidup berbangsa dan bernegara. ”Pilar pertama yaitu Pancasila, kedua, Bhinneka Tunggal Ika, ketiga, NKRI, dan keempat, Undang-Undang Dasar 1945. Untuk itu, sebagai pemerintah dan pribadi saya minta kepada mahasiswa dan mahasiswi jangan diikuti hal-hal yang menyimpang dari pondasi kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutur Wagub Sani.

Dijelaskan Wagub Sani bahwa Pemerintah Provinsi Jambi memberikan perhatian besar dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Salah satu misi dalam visi pembangunan Provinsi Jambi ialah Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia, yang dicapai melalui berbagai hal, terutama melalui pendidikan. Kehadiran anak-anak kami mahasiswa/i dikampus ini merupakan salah satu wujud upaya meningkatan kualitas sumber daya manusia Provinsi Jambi.

”Artinya, mahasiswa-mahasiswi sekalian dan segenap Civitas Academica Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jambi turut mendukung pembangunan Provinsi Jambi, yang juga diharapkan turut meningkatkan Indeks Pembangunan manusia (IPM) Provinsi Jambi. IPM Provinsi Jambi terus mengalami tren peningkatan, yaitu pada tahun 2016 IPM Provinsi Jambi 69,62, lalu 69,99 pada tahun 2017, kemudian 70,65 pada tahun 2018, berikutnya 71,26 pada tahun 2019, selanjutnya 71,29 pada tahun 2020, 71,63 pada tahun 2021 dan 72,14 pada tahun 2022. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan hasil perpaduan dari berbagai sektor, salah satunya sektor pendidikan, termasuk pendidikan tinggi,” jelas Wagub Sani.

Berkenaan dengan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa dan maahasiswi baru, Wagub Sani menyampaikan pesan kepada mahasiswa dan mahasiswi baru sekalian, yaitu pertama, karena pembelajaran dikampus lebih fleksibel daripada disekolah, maka jangan terlena dengan keadaan tersebut, tetapi harus bekerja keras untuk mencapai hasil yang baik dan dengan durasi menyelesaikan kuliah secara tepat waktu. Kedua, harus memiliki visi dalam kuliah, yang akan mendorong untuk mencapai tujuan dan cita-cita, dan hal tersebut turut membantu menentukan milestone (tahapan-tahapan) perkuliahan. Ketiga, memiliki kompetensi teknis merupakan keharusan, namun selain itu, sangat membantu jika memiliki kompetensi tambahan, termasuk informasi jejaring utuk riset/penelitian, kelompok diskusi dan lingkar studi.(red/adv)

banner