banner

Upaya Penurunan Stunting di Merangin, Wabup Nilwan Yahya Buka Rakor dan Launching BAAS

Foto bersama usai acara Rakor dan Launching BAAS di Aula Depati Payung Bappeda Merangin. Rabu (12/7/2023).
Foto bersama usai acara Rakor dan Launching BAAS di Aula Depati Payung Bappeda Merangin. Rabu (12/7/2023).

JambiWin.Com – Wabup Merangin Nilwan Yahya memimpin jalannya rapat koordinasi (Rakor) dan Launching program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) tahun 2023, di Aula Depati Payung Bappeda Merangin, Rabu (12/7/2023).

Dikatakan wabup yang juga sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Merangin, program BAAS hadir sebagai salah satu solusi dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Merangin.

banner

‘’BAAS ini merupakan gerakan gotong royong seluruh elemen dalam mempercepat penurunan stunting yang langsung tertuju kepada balita stunting, calon pengantin, ibu hamil dan keluarga berisiko stunting yang berasal dari keluarga tidak mampu,’’ujar Wabup.

Dalam program BAAS jelas wabup, ada dua fokus asuhan yang akan diberikan kepada keluarga berisiko stunting, yakni pemberian makanan tambahan dan bantuan jamban sehat termasuk penyediaan air bersih.

‘’Sedangkan asuhan pendamping yakni memberikan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada keluarga berisiko stunting secara kelompok atau intrapersonal,’’terang Wabup pada acara yang dihadiri Kadis PPKB Merangin H Abdaie tersebut.

Suksesnya program BAAS di Kabupaten Merangin jelas wabup, tidak mungkin tercapai tanpa dukungan dan partisipasi aktif dari sektor swasta, organisasi, pemerintah, stekholder, seluruh elemen masyarakat dan individu.

‘’Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak yang hadir di sini untuk bersama-sama mendukung dan melaksanakan program ini dengan ikut bergabung menjadi Bapak Asuh Anak Stunting di Kabupaten Merangin,’’pinta Wabup.

Diharapkan wabup, Rakor dan Launcing BAAS tersebut dapat menjadi solusi terhadap kendala dan permasalahan stunting yang dihadapi, sehingga Kabupaten Merangin mampu menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

Terpisah, ketua pantia penyelenggara yang juga Sekdin PPKB Merangin Ny Eny Farida mengatakan, rakor itu bertujuan untuk memperkenalkan dan memberi informasi program BAAS kepada masyarakat sebagai upaya percepatan penurunan stunting,

‘’Rakor ini diikuti utusan dari berbagai unsur berjumlah 100 orang peserta. Rakor ini berlangsung satu hari penuh dengan sumber pendanaan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) 2023,’’ujar Ny Eny Farida.

Pada rakor tersebut, digelar penyampaian materi tentang Strategi Penurunan Stunting di Kabupaten Merangin yang disampaikan Kepala Bappeda Merangin Dr Agus Zainuddin.

Pemateri kedua Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Merangin H Abdaie, dengan materi tentang mekanisme menjadi BAAS, baik itu secara lembaga atau individu.

Selanjutnya dilakukan sesi diskusi terkait program BASS Kabupaten Merangin, yang dipandu oleh moderator Sekban Bappeda Merangin Ny Lydia Gusmalita.

Selain itu juga diserahkan bantuan susu satu dus dari PT Sari Aditya Loka (SAL) 1 untuk anak stunting di Desa Dusun Tuo Kecamatan Lembah Masurai yang diterima Kades Dusun Tuo Tarmizi.

Pada kesempatan itu Ketua TPPS Merangin Nilwan Yahya, memasang Selempang BAAS kepada Dandim 0420 Sarko melalui Kasdim 0420 Sarko Mayor Inf Usman. Ketua TP PKK Merangin Hj Nurhaida Mashuri melalui Ketua Pokja Empat Anggie memasang Selimpang kepada Bunda Asuh Anak Stunting Ketua Bhayangkari Polres Merangin Ny Ayu Arinata diwakili Ny Bevi Agus Saleh. (*)

 

Editor : Edo Guntara

 

 

banner