banner

Wabup Nilwan Yahya Apresiasi HUT ke-15 Tabir Barat

Wabup Merangin Nilwan Yahya (Ist).
Wabup Merangin Nilwan Yahya (Ist).

JambiWin.Com – Wabup Merangin Nilwan Yahya sangat mengapresiasi berlangsungnya peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kecamatan Tabir Barat, yang berlangsung meriah di halaman kantor camat, Sabtu malam (10/6/2023).

Dikatakan wabup, Kecamatan Tabir Barat merupakan kecamatan pemekaran yang kemajuannya dari tahun ke tahun begitu pesat. Pada usia ke-15 tersebut sudah banyak prestasi yang diraih kecamatan itu.

banner

‘’Saya sangat mengapresiasi sekali peringatan HUT Tabir Barat ini, selain telah menunjukan berbagai keberhasilan pembangunan, acara ini juga dimeriahkan Festival Ompek Ganjie Limo Gonok,’’ujar Wabup.

Festival Ompek Ganjie Limo Gonok terang wabup, sudah tercatat sebagai warisan budaya nasional tak benda dari Kementerian. Untuk itu wabup minta, Ompek Ganjie Limo Gonok harus terus dilestarikan.

Diakui wabup, tradisi berbalas pantun antar muda mudi itu, ternyata dianggap seksi oleh para kalangan pecinta budaya dan para pelaku budaya di Indonesia, sehingga menjadi warisan tak benda bagi Indonesia dan Kecamatan Tabir Barat pada khususnya.

Ompek Ganjie Limo Gonok juga pernah menjadi sasaran utama dalam kegiatan konservasi bahasa dan sastra daerah oleh Kantor Bahasa Provinsi Jambi. Satra lisan ini memang hampir punah dan dilupakan masyarakat.

Untuk terus melestarikannya, merupakan bagian penting bagi regenerasi penutur sastra lisan. Dijelaskan wabup, sebetulnya banyak sastra lisan di Merangin, tapi perlu menggalian lebih dalam atas keberadaan sastra lisan tersebut di sejumlah desa lainnya.(edo/adv)

banner