Peduli Pendidikan, Mahasiswa Jambi Pulau Jawa Dukung Haris-Sani Lanjutkan Jambi Mantap

Foto: Istimewa

JAMBI, Jambiwin.com – Mahasiswa asal Jambi di Pulau Jawa menyatakan, Gubernur Jambi, Al Haris sangat peduli dengan dunia pendidikan.

Bahkan, program Dumisake Al Haris dan Abdullah Sani tersebut sangat membantu para mahasiswa.

“Di saat mahasiswa kesulitan biaya untuk menyelesaikan kuliah. Banyak yang sudah dibantu melalui program Dumisake,” kata Bayu Pramudya saat bersilaturahmi dengan Al Haris di Yogyakarta.

Dikatakan Mahasiswa asal Kabupaten Batanghari itu, Al Haris dinilai punya program nyata memajukan Provinsi Jambi di Sumatera.

Kata dia, selama Al Haris menjabat Gubernur Jambi, telah banyak program yang diberikan kepada mahasiswa. Baik dari penyediaan fasilitas asrama dan berupa pembiayaan kuliah atau beasiswa.

“Setiap tahun ada program beasiswa. Beliau sangat mengayomi para mahasiswa. Dan memiliki kepedulian tinggi terhadap mahasiswa di perantauan, khususnya mahasiswa yang kurang mampu,” sebutnya.

Bayu menyebut, Pemerintah Provinsi Jambi di bawah kepemimpinan Haris-Sani telah mengeluarkan hingga Rp14,5 miliar untuk beasiswa mahasiswa pada tahun 2022 dan 2023 mulai dari S1, S2 maupun S3.

“Lebih dari 500 mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah daerah. Pada tahun 2024 ini Gubernur Al Haris kembali menganggarkan 7,8 miliar dana beasiswa untuk mahasiswa Jambi di dalam, maupun luar negeri,” ujarnya.

Bayu menyampaikan, selain bersilahturahmi bersama Al Haris tersebut, ia bersama ratusan teman-teman dari berbagai Universitas di Pulau Jawa juga sepakat mendukung Haris-Sani di Pilgub Jambi 2024 ini.

Senada disampaikan Rizky Firnanda, Mahasiswa Universitas Islam Indonesia asal Sarolangun Jambi itu menyebutkan, sosok Al Haris memiliki kepedulian tinggi terhadap dunia pendidikan.

Bahkan, sejak menjadi Bupati Merangin, Al Haris sudah konsen dalam hal tersebut.

“Pak Al Haris ini pemimpin yang peduli terhadap dunia pendidikan. Saat jadi Bupati beliau pernah mendapatkan Bintang Astha Hannas yang merupakan penghargaan tertinggi dalam dunia pendidikan dan Bupati pertama se-Indonesia yang mendapatkannya,” sebutnya.

Kata Rizky, tidak heran jika pada saat menjadi Gubernur Jambi, Al Haris terus memberikan perhatian khusus pada dunia pendidikan.

“500 lebih mahasiswa Jambi se Pulau Jawa yang hadir ke Yogyakarta memang sangat merasakan program yang dilakukan oleh Pak Al Haris. Maka, mahasiswa Jambi di perantauan sepakat mendukung kembali kepemimpinannya,” katanya lagi.

Selain itu, perwakilan mahasiswa Jambi dari daerah khusus Jakarta, Irpandi Jarot menambahkan, soal dukungan kepada Al Haris, para mahasiswa itu sekalian belajar berpolitik.

Selain belajar di perguruan tinggi, secara sosial dan politik mereka tidak mau pasif. Sehingga proses pemilihan kepala daerah menjadi ajang latihan juga bagi para mahasiswa.

“Jadi mahasiswa diharap tidak pasif di bidang politik. Dari sejak kuliah sudah harus melek politik,” kata Irpandi Jarot. (red)

Sumber: Aksipost