banner

Peringati Hari Disabilitas Internasional, PERDAMI Jambi Gelar Operasi Katarak Gratis di RS Raudhah

Momen pasien peserta operasi katarak gratis berfoto bersama pihak RS Raudhah dan Kemensos RI Provinsi Jambi. Jum'at (22/12/2023).
Momen pasien peserta operasi katarak gratis berfoto bersama pihak RS Raudhah dan Kemensos RI Provinsi Jambi. Jum'at (22/12/2023).

MERANGIN, JambiWin.Com – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Nasional Tahun 2023, Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Cabang Provinsi Jambi dan Kemensos RI Provinsi Jambi menggelar Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis di Rumah Sakit Raudhah Bangko. Jum’at (22/12/2023).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, 22 sampai dengan 23 Desember 2023, dibuka Gubernur Jambi Dr. H Al Haris dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jaya Negara.

banner

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan, bakti sosial operasi katarak gratis yang diselenggarakan Perdami dan Kemensos RI sangat membantu masyarakat kurang mampu yang bermasalah dengan kesehatan pada mata.

“Bakti Sosial ini memberikan bantuan warga kita yang punya masalah kesehatan pada mata, karena banyak sekali bapak ibu yang punya masalah kesehatan mata tapi tidak tahu meski kemana berobat dan operasi mata. Nah, ini sudah ada solusi dan Alhamdulillah Rumah Sakit Raudhah Merangin menjawab semuanya dan mereka menyiapkan diri memberikan pelayanan terbaik dalam rangka operasi katarak gratis ini,”ungkap Al Haris.

Gubernur Jambi Al Haris usai buka bakti sosial operasi katarak gratis di RS Raudhah Bangko. Jum'at (22/12/2023).
Gubernur Jambi Al Haris usai buka bakti sosial operasi katarak gratis di RS Raudhah Bangko. Jum’at (22/12/2023).

Mantan Bupati Merangin dua periode itu juga mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak RS Raudhah, Perdami Cabang Jambi dan Kemensos RI Provinsi Jambi.

“Terimakasih banyak kepada RS Raudhah Merangin, dibawah kepemimpinan dr Amelia dan Owner RS Raudhah dr Djzarizal beserta jajarannya. Kemensos RI juga kami ucapkan terimakasih banyak, sebab kadang-kadang orang tua kita ini yang bermasalah dengan mata atau penglihatan, pertama mikir dimana operasinya, kedua mikir biayanya dan yang ketiga jauh gak tempatnya, namun dengan kegiatan ini bisa berkumpul disini, sekali lagi terimakasih RS Raudhah semoga semakin maju dan berkembang,”kata Al Haris penuh haru.

Direktur RS Raudhah dr Amelia disela kegiatan itu mengatakan, Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis ini, sebanyak 7 orang dokter spesialis mata dari berbagai kabupaten dilibatkan.

“Sebanyak 7 orang dokter spesialis mata dari kabupaten tetangga yang dibawah naungan PERDAMI Jambi, seperti Kerinci, Bungo, Tebo, Kota Jambi dan Merangin,” kata Amelia.

Dikatakan Amelia, pada kegiatan bakti sosial ini, pihaknya juga menargetkan sebanyak 100 pasien operasi katarak gratis.

“Alhamdulillah dari berbagai kabupaten sudah daftar hari ini 186 peserta untuk screening katarak, namun setelah diperiksa dokter spesialis mata dan yang lolos screening dinyatakan katarak sebanyak 57 orang. Selain itu peserta juga mendapatkan sembako seperti beras, sedangkan pasien dari luar Merangin mendapatkan akomodasi dari Kemensos RI Provinsi Jambi,”ujar Istri Anggota DPRD Merangin Rahmat Hidayat Nalim itu.

Diharapkannya, untuk bakti sosial operasi katarak gratis ini dapat membantu masyarakat tidak mampu terkhusus yang bermasalah dengan kesehatan matanya. Sebab untuk operasi katarak ini juga membutuhkan biaya berkisar 8 hingga 10 juta rupiah.

“Kegiatan ini sangat membantu pasien yang tidak mampu, terlebih bagi pasien yang tidak memiliki BPJS,”terang menantu Bupati Merangin 2008-2013 Drs H Nalim itu.

Salah satu pasien operasi katarak gratis juga mengucapkan terimakasihnya kepada pihak RS Raudhah dan tak dapat membendung tangis bahagianya.

“Alhamduillah, kami ucapkan ribuan terimakasih kepada RS Raudhah, semoga kami ini diberikan kesehatan dan keselamatan. Untuk RS Raudhah semoga sukses dan maju selamanya,”ungkapnya dengan mata berkaca-kaca.

Sebelumnya, RS Raudhah bersama PERDAMI dan Kemensos RI juga pernah melaksanakan kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis pada September 2023 lalu dengan 50 perserta.

Hadir pada kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis tersebut, Asisten I Setda Merangin, Dinas Sosial Merangin, Dinkes Merangin, Drs H Nalim, Rahmat Hidayat Nalim serta tamu undangan lainnya.(Edo)

banner