banner

Dinas Ketahanan Pangan Merangin Gelar GPM Dipasar Sido Lego Tabir Lintas

Tampak antusias masyarakat saat membeli sembako saat Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Merangin di Desa Sido Lego Tabir Lintas. Kamis (07/12/2023).
Tampak antusias masyarakat saat membeli sembako saat Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Merangin di Desa Sido Lego Tabir Lintas. Kamis (07/12/2023).

Jambiwin.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di pasar Sido Lego Kecamatan Tabir Lintas. Kamis (7/12/2023).

Gerakan Pangan Murah hari ini di halaman kantor Desa Sido Lego dan dibuka Pj bupati Merangin H Mukti yang diwakili Asisten II Setda Merangin Suherman.

banner

Suherman menyambut positif kegiatan GPM yang diselenggarakan di Kecamatan Tabir Lintas ini, kegiatan ini dapat membuka akses bagi masyarakat untuk mendapatkan harga pangan murah.

“Melalui dana insentif fiskal ini pemerintah daerah gelar GPM untuk menekan angka inflasi, harga sembako dijual dengan dibawah harga pasar,”kata Suherman.

Diharapkannya, GPM atau operasi pasar ini dapat dimanfaatkan masyarakat, sebab kegiatan yang selenggarakan Dinas Ketahanan Pangan ini juga menggandeng Bulog Sarko, Pedagang serta Petani.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Merangin Fauziah menjelaskan, pada GPM ini, seperti beras kemasan 5 kilogram dijual dengan harga Rp. 55.000, telur 40 ribu 1 karpet isi 30 butir, sedangkan minyak goreng dijual Rp. 13.000 perliternya.

“Untuk harga gula pasir Rp. 16.000, cabe merah 1/2 kilogram + Masako Rp. 32.000 dan bawang merah Rp. 7000 perpaketnya,” ujar Fauziah.

Dikatakannya, gerakan pangan murah ini akan dilaksanakan di beberapa titik agar penekanan angka inflasi daerah.

“Hari ini GPM dilaksanakan dua titik, Pasar Sido Lego Kecamatan Tabir Lintas dan Pasar Rantau Panjang Kecamatan Tabir. Alhamdulillah masyarakat sangat antusias, cabe merah belum satu jam sudah habis, begitupun dengan minyak goreng, telor dan beras,” tambahnya.

Sri Suryani warga Desa Sido Lego mengucapkan terimakasih atas operasi pasar GPM ini, sebab harga yang ditawarkan lebih murah dari pasar.

“Terimakasih banyak Pemkab Merangin, GPM ini sangat membantu, misalnya harga telur biasanya dipasar 45 hingga 50 ribu rupiah, hari ini hanya 40 ribu rupiah 1 karpet isi 30 butir. Harga cabe juga biasanya 75 ribu rupiah hingga 80 ribu rupiah hari ini setengah kilogramnya dijual 32 ribu rupiah,”ungkapnya dengan senyum sumringah.(Edo)

banner