Mengenal Lebih Dekat Sosok Hj. Nurhidayati, Caleg PPP Dapil-1 untuk DPRD Kabupaten Merangin

Ini Profil Hj. Nurhidayati Caleg PPP DPRD Merangin Dapil 1.
Ini Profil Hj. Nurhidayati Caleg PPP DPRD Merangin Dapil 1.

JambiWin.Com MERANGIN – Jelang Pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024, para calon legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota mulai melebarkan sayapnya dengan melakukan silaturrahmi dan konsolidasi ke masyarakat, guna meraih simpati dan dukungan untuk meraih suara di pemilu 2024 mendatang.

Salah satunya caleg dari keterwakilan perempuan, Hj. Nuhidayati, S.Pd, MM atau yang dalam kesehariannya dipanggil NING IDA.

Khusus untuk masyarakat wilayah Bangko dan sekitarnya cukup familiar dengan perempuan yang maju dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Merangin ini dengan Nomor Urut 3 setelah pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) oleh KPU Kabupaten Merangin pada 19 Agustus 2023 dan kini sudah tercatat sebagai Daftar Calon Tetap (DCT) untuk Pemilu Legislatif 14 Februari 2024.

Ibu 2 (dua) anak berlatar belakang tenaga pendidik ini, mengusung misi memperjuangkan Pendidikan dan Kesetaraan Gender melalui Jalur Legislatif, seperti yang tampak terpampang pada billboard besar di tengah kota Bangko.

Diketahui perempuan yang lahir di Muara Siau, 5 Januari 1963 ini memiliki latar belakang pendidikan yang mumpuni. Ia memulai jenjang pendidikan dasar di SDN 2 Bangko, kemudian dilanjutkan pendidikan menengah pertama di SMPN 1 Bangko.

Selanjutnya Ning Ida melanjutkan sekolahnya di SPG Jambi. Kemudian melanjutkan ke Keperguruan Tinggi Strata Satu (S1) di STKIP YPM Bangko yang saat ini berganti nama jadi Universitas Merangin (UM).

Tak berhenti sampai disitu, Ning Ida melanjutkan Strata Dua (S2) di Universitas Pendidikan Indonesia Sumatera Barat.

Setelah lulus Ning Ida meniti karier menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Merangin hingga purna tugas (pensiun) dari PNS.

Berikut rekam jejak Ning Ida yang memulai mengajar menjadi tenaga guru atau tenaga pendidik di SMP di Muara Siau.

Putri dari pasangan Alm. A. SAAD bin H. SUPI (Muara Madras) dan ibu HJ. Rohani (Muara Siau). Kemudian Guru di SMP Muara Madras Kecamatan Jangkat, Guru di SMP Pulau Aro Kecamatan Tabir, kemudian hijrah ke Kota Bangko sebagai Guru di SMPN 1 Bangko.

Berkat pengalamannya sebagai pendidik Ning Ida untuk pertama kalinya dipercaya sebagai Kepala SMPN 2 Bangko – Desa Kungkai, Kepala SMPN 1 Merangin, Kepala SMPN 10 Merangin – margoyoso, dan terakhir menjabat Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 4 Merangin hingga pensiun.

Istri dari Alm. H. Yunidan bin H. Sari (Pulau Rengas) ini juga aktif di berbagai organisasi, diantaranya Ketua TP. PKK Kec. Tabir Ulu, kemudian Ketua TP. PKK Kecamatan Jangkat, sehingga dipercaya sebagai Ketua Pokja 2 TP. PKK Kabupaten Merangin.

Semasa mudanya Ning Ida dikenal sebagai atlit bola volly, berkat kecintaannya terhadap olahraga Ia pernah menjabat sebagai bagian Perempuan dan sosial PGRI Merangin.

Hj.Nurhidayati juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Humas Pramuka Kwarcab Merangin, Bendahara PGRI Merangin, Ketua Diklat Pokja PAUD Merangin, Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan HK. Luhak 16 Merangin, Pengurus MTP – IPHI Merangin, Ketua BKMT Kelurahan Pasar Atas Bangko, dan Wakil Ketua HMPJ Kabupaten Merangin.

Sederet prestasi telah ditorehkan selama menjadi Kepala Sekolah, baik tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional, maupun Internasional, diantaranya Tari Kreasi, musik tradisional, Olimpiade MIPA, Melukis, Gitar Solo tingkat Nasional hingga Pramuka di level internasional di Amerika Latin.(*)

Edo Guntara