Jambi  

Dari Aktivis hingga Jurnalis, Kini Jadi Ketua Bawaslu Merangin Periode 2023-2028

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Merangin 2023-2028 Himun Zuhri.
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Merangin 2023-2028 Himun Zuhri.

JambiWin.Com,MERANGIN – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Merangin Periode 2023-2028 resmi dilantik oleh ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja pada Sabtu (19/8/2023) di Jakarta.

Lima anggota Bawaslu Kabupaten Merangin yakni dijabat oleh Himun Zuhri, Ibnu Jaril, Nur Anisah, Nuris Bailan Noverminda dan Zamharil.

Setelah resmi dilantik, para anggota Bawaslu tersebut melaksanakan rapat pleno perdana untuk memilih ketua satu diantara lima anggota tersebut.

Setelah melewati proses yang cukup alot akhirnya Himun Zuhri terpilih dan resmi memimpin Bawaslu Merangin periode 2023-2028.

Diketahui Himun Zuhri sebelumnya adalah seorang Jurnalis kenamaan di Merangin, namanya banyak dikenal publik karena dianggap kritis dan memiliki karakter yang kuat.

Himun Zuhri aktif sebagai Jurnalis di Merangin sejak awal tahun 2017 lalu, ia dikenal sosok yang cerdas, supel dan mudah bergaul dengan banyak kalangan.

Tak hanya aktif sebagai Jurnalis, suami Irma Akhirta ini juga dikenal sebagai blogger kompasiana dengan tulisan artikel-artikelnya yang menarik disertai analisa yang tajam.

Bahkan tulisan-tulisan artikelnya yang berjumlah puluhan itu telah dijadikan objek penelitian penyusunan skripsi salah satu mahasiswa Universitas Merangin beberapa waktu lalu.

Sebelumnya Himun Zuhri juga dikenal aktif diberbagai organisasi wartawan yang ada di Merangin seperti di Forum Wartawan Merangin (Forwam) dan terakhir sebagai Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Merangin.

Tak hanya berprofesi sebagai kuli tinta, sosok mantan Aktivis HMI Cabang Bangko ini juga bukan orang baru di dunia penyelenggara pemilu, ia ternyata punya segudang pengalaman.

Bahkan sejak mahasiswa ia pernah menjabat sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPU-M) yang mana saat itu diketuai oleh Alber Trisman ketua Bawaslu Merangin periode 2018-2023.

Setelah itu, ia juga punya pengalaman sebagai anggota KPPS pada Pemilu 2009 untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden.

Selanjutnya ia juga pernah tercatat sebagai tenaga pendukung pada sekretariat KPU Kabupaten Merangin. Ia juga aktif sebagai relawan demokrasi bentukan KPU kala itu.

Pada organisasi kepemiluan Himun Zuhri juga aktif dan menjabat sebagai Sekretaris pada Komunitas Pemilu dan Demokrasi (Kopipede) Kabupaten Merangin.

Selain itu, dalam dunia pengawasan Pemilu ia juga telah dua kali menjabat sebagai ketua Panwaslu Kecamatan Bangko pada Pilkada 2020 dan Pemilu 2024 ini.

Ia terpilih sebagai ketua Bawaslu sebelumnya masih aktif sebagai Panwaslu Kecamatan dan harus mengundurkan diri sebagai Panwaslu Kecamatan.

Berhasil terpilih sebagai pejabat penyelenggara Pemilu dilevel kabupaten sebelumnya ia juga pernah gagal sebagai calon Anggota KPU Kabupaten Merangin tahun 2018 lalu dan hanya bertahan sebagai calon PAW.

Kepada media ini Himun Zuhri mengucapkan rasa syukur karena telah diberi amanah sebagai anggota sekaligus menjabat sebagai ketua Bawaslu Merangin periode 2023-2028.

“Alhamdulillah atas amanah ini, tentu ini bukan keberhasilan person namun keberhasilan kolektif, artinya saya butuh dukungan semua pihak dalam menjalani tugas ini,” ujar Himun.

Ia menegaskan bahwa sebagai ketua hanya sebatas simbol lembaga terkait kebijakan akan diambil dan diputuskan secara kolektif kolegial bersama empat pimpinan bawaslu lainnya.

“Langkah awal ini, kami akan melakukan konsolidasi terlebih dahulu, pertama konsolidasi perasaan sesama anggota dan selanjutnya konsolidasi internal kelembagaan,” tambahnya.

Memang menurut Himun ia tak punya waktu santai dalam melaksanakan kerja-kerja pengawasan, sebab mereka hadir ditengah tahapan pemilu yang sedang padat.

“Soal kerja pengawasan kita harus langsung tancap gas, karena tahapan sedang berjalan, dan mohon dukung kami dalam menjalani amanah ini,” pungkasnya (*).

Edo Guntara