banner

Gubernur Al Haris: RKLA Perkuat Kerukunan Beragama di Provinsi Jambi

Gubernur Jambi Al Haris. (Ist)
Gubernur Jambi Al Haris. (Ist)

JambiWin.Com – Gubernur Jambi Al Haris mengemukakan, hadirnya Rumah Komunikasi Lintas Agama (RKLA) akan memperkuat kerukunan umat beragama di Provinsi Jambi. Hal ini dikatakan Al Haris pada acara pelantikan dan seminar Nasional Dewan Pimpinan Daerah Rumah Komunikasi Lintas Agama (RKLA) PROVINSI JAMBI, dengan tema Menjalin Persatuan Umat dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Menyongsong Pemilu 2024 yang Damai Berdasarkan Pancasila, bertempat di Gedung Maulidia Convention Center, Pematang Sulur Kota Jambi, Kamis (01/06/2023).

“Seluruh bangsa Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila, disaat moment bersejarah ini lahir juga Rumah Komunikasi Lintas Agama Provinsi Jambi. Kita sudah mempunyai FKUB dan diperkuat lagi dengan hadirnya RKLA ini, artinya ini sudah lengkap dengan harapan Provinsi Jambi semakin kokoh, semakin kuat dan tidak mudah terpecah belah oleh isu apapun,” ujar Al Haris.

banner

Al Haris mengatakan, kehadiran Rumah Komunikasi Lintas Agama (RKLA) sebagai wadah perekat yang kuat agar masyarakat Indonesia tidak mudah dipecah belah oleh isu-isu yang tidak benar. Dan keberadaan RKLA di Provinsi Jambi dapat menjadi bagian dari upaya menjaga toleransi dan kerukunan dalam keberagaman kehidupan masyarakat Jambi.

“Saya mengajak seluruh pengurus dan anggota DPD RKLA Provinsi Jambi dapat meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi dengan pemerintah daerah dan seluruh pihak untuk menjaga kondusivitas dan ketenteraman Provinsi Jambi, demi mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat dan daerah,” kata Al Haris.

Al Haris mengungkapkan, Provinsi Jambi merupakan Provinsi ke-4 paling bahagia se-Indonesia. Modal bahagia dapat dilihat dari kerukunan dan persatuan terjaga dengan baik.

“Alhamdulillah Provinsi Jambi adalah Provinsi ke-4 paling bahagia se-Indonesia, dengan modal rukun, damai, persatuan dan kesatuan terjaga dengan baik. Ketika itu semua itu terjadi, saya yakin Provinsi Jambi ini semakin aman dan Kondusif,” ungkap Al Haris.

Lebih lanjut Al Haris menuturkan, untuk Pengurus DPD RKLA Provinsi Jambi mencerminkan kehidupan Lintas agama supaya miniatur lintas Agama terlihat di Forum RKLA ini.

“Saya sedikit memberikan masukan kepada Pengurus DPD RKLA untuk mencerminkan bagaimana keberadaan lintas beragama itu, dan pengurus merangkul tokoh tokoh agama di Jambi ini sehingga RKLA ini akan terlihat miniatur lintas agama di Provinsi Jambi ini,” tutur Al Haris.

“Saya mengapresiasi kehadiran Rumah Komunikasi Lintas Agama (RKLA) sebagai wadah perekat yang kuat agar masyarakat Indonesia tidak mudah dipecah belah oleh isu-isu yang tidak benar. Saya yakin dan percaya keberadaan RKLA di Provinsi Jambi dapat menjadi bagian dari upaya menjaga toleransi dan kerukunan dalam keberagaman kehidupan masyarakat Jambi. Saya mengajak seluruh pengurus dan anggota DPD RKLA Provinsi Jambi dapat meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi dengan pemerintah daerah dan seluruh pihak untuk menjaga kondusivitas dan ketenteraman Provinsi Jambi, demi mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat dan daerah,” sambung Al Haris.

“Seiring dengan arus informasi yang masuk dengan kemajuan teknologi, masyarakat kita dihantam dengan informasi hoaks yang dapat merongrong dan memecah belah persatuan dan kerukunan. Saya berharap Bapak dan Ibu pengurus dan anggota DPD RKLA dapat menjadi mitra strategis pemerintah, menjadikan RKLA sebagai wadah pemersatu umat, menjunjung Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam keberagaman hidup bermasyarakat,” tutup Al Haris.

Sementara itu, Ketua DPD RKLA Provinsi Jambi Dr. dr. Maulana mengatakan DPD RKLA Provinsi Jambi ingin mengembangkan toleransi yang positif dan juga membangun kebersamaan lintas agama.

“Terimakasih bunda telah menunjuk saya menjadi ketua, kami semua senantiasa menjaga toleransi positif dengan semua agama yang ada,” ujar Maulana.

Sementara itu juga, Ketua Umum DPP RKLA Bunda Indah mengatakan, melalui RKLA ini dapat merangkul semua dan tidak hanya satu umat agama. Hal ini sesuai dengan nama Rumah Komunikasi Lintas Agama. (ed/adv)

banner