Sah, Geopark Merangin Resmi Ditetapkan UNESCO Warisan Dunia

Wabup Merangin Nilwan Yahya bersama Dr Agus Zainuddin saat sidang dewan eksekutif di paris berlangsung secara virtual.
Wabup Merangin Nilwan Yahya bersama Dr Agus Zainuddin saat sidang dewan eksekutif di paris berlangsung secara virtual.

JambiWin.Com,Merangin – Geopark Merangin resmi ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark (UGG), dalam sidang Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (24/5/2023).

Pada sidang yang diikuti Wabup Merangin Nilwan Yahya bersama General Manager Geopark Merangin Dr Agus Zainuddin secara virtual dari Gedung Bappeda itu, Geopark Merangin direkomendasikan UNESCO Global Geopark Council (UGGC) untuk diinskripsi sebagai UNESCO Global Geopark.

Geopark Merangin menjadi satu dari 18 UNESCO Global Geopark baru yang ditetapkan dalam sidang tersebut.

‘’Alhamdulillah setelah melalui perjuangan yang cukup panjang dan kerja keras semua pihak, Geopark Merangin lolos jadi UGG,’’ujar Wabup.

Dijelaskan wabup, Geopark Merangin yang terletak di sepanjang aliran Sungai Batang Merangin Provinsi Jambi, menjadi salah satu prioritas dalam pembahasan dan berhasil mendapatkan rekomendasi positif untuk dimasukan ke dalam daftar UGG.

UNESCO lanjut wabup, mengakui keberagaman geologis Geopark Merangin. Keberagaman tersebut termasuk lanskap, fosil, bebatuan, mineral, proses geologis dan tektonik, serta evolusi bumi di Kabupaten Merangin.

Geopark Merangin juga dinilai memiliki keunikan tersendiri dengan adanya keterkaitan kuat antara aspek geologis, biologis dan budaya serta kearifan lokal masyarakat setempat.

‘’Harapan saya dengan penetapan ini, dapat memberi manfaat kepada masyarakat serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi khususnya masyarkat Kabupaten Merangin,’’pinta Wabup.

Penetapan Geopark Merangin sebagai UNESCO Global Geopark terang wabup, merupakan upaya bersama dari berbagai pemangku kepentingan, baik Pemerintah Pusat dan Daerah maupun akademisi, pemuda dan masyarakat lokal, khususnya dalam menyusun dokumen nominasi yang menggambarkan nilai-nilai universal, rencana pengelolaan, visibilitas dan jejaring kerja sama Geopark Merangin.(edo)