Loby Bantuan Kampung Perikanan Budidaya Maggot 2023, Nilwan Yahya ke Kementerian Perikanan

JAMBIWIN.COM – Wabup Merangin Nilwan Yahya ‘jemput bola’ ke Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, untuk meloby bantuan kampung perikanan budidaya maggot 2023, Kamis (2/3/2023).

Nilwan Yahya didampingi Kadis Perikanan Merangin Irsadi, diterima Direktur Pembenihan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP Ir Nono Hartanto dan jajarannya, di ruang kerjanya.

Di ruang yang cukup nyaman itu, wabup melakukan koordinasi dan konsultasi terkait bantuan tersebut dan ditanggapi positif oleh jajaran Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

‘’Merangin menjadi kabupaten percontohan budidaya maggot di Provinsi Jambi. Sudah banyak kabupaten lain, baik dari Provinsi Jambi maupun dari luar Jambi yang melakukan studytiru ke Merangin,’’ujar Wabup kepada Kominfo News, usai pertemuan.

Jadi jelas wabup, tidak ada salahnya bila Merangin ‘jemput bola’ untuk mendapatkan bantuan kampung perikanan budidaya maggot dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Diterangkan wabup, maggot atau dalam penyebutan lain disebut dengan belatung merupakan larva dari jenis lalat Black Soldier Fly (BSF) atau Hermetia Illucens dalam bahasa Latin.

‘’Maggot ini merupakan larva dari jenis lalat yang awalnya berasal dari telur dan bermetamorfosis menjadi lalat dewasa. Tubuh maggot berwarna hitam dan sekilas mirip dengan tawon,’’terang Nilwan Yahya.

Keunggulan maggot atau belatung sebagai bahan baku pakan ikan mandiri, diyakini merupakan salah satu inovasi yang layak dikembangkan oleh berbagai pemangku kepentingan sektor kelautan dan perikanan.(red)