Jika Haris-Sani Netral di Pilwako Jambi, H Abdul Rahman Lebih Diuntungkan

Doc: ist
Doc: ist

JAMBI – Jadi lebih seru Pilwako Jambi 2024 jika Bakal Calon Gubernur Jambi (Bacagub Jambi) – Bakal Calon Wakil Gubernur Jambi (Bacawagub Jambi), Al Haris-Abdullah Sani, bersikap netral.

Alasannya, menurut seorang pengamat politik Jambi Dedek Kusnadi, dengan partai Nasdem dan Partai Golkar mendukung Haris-Sani, Haris-Sani “dipaksa” benar benar netral dan juga “dipaksa” berkoalisi kepada ke 3 Bakal Calon Walikota Jambi; H Abdul Rahman (HAR), dr Maulana (PAN) dan Budi Setiawan (Golkar).

Lalu siapa yang paling diuntungkan jika Haris-Sani netral di Pilwako Jambi?

“Ya, sepertinya HAR (H Abdul Rahman, red). Itu karena dia punya mantan Walikota Jambi dua periode Sy Fasha, yang all out untuk HAR,” analisis seorang pengamat politik Jambi Dr Dedek Kusnadi MM MSi.

Selain bisa ‘mendulang’ dukungan suara dari loyalis Fasha, HAR juga bisa mendulang suara dari pendukung Haris-Sani.

“Walaupun pendukung Haris-Sani terbelah di Kota Jambi, namun ini sangat berefek bagi ke tiga kandidat Bacawako. Terutama bagi HAR (H Abdul Rahman, red) yang sudah ada Fasha di belakangnya,” terang Dedek.

Dengan begitu, ia memprediksi bahwa HAR punya peluang lebih tinggi dari ke 2 Bacawako Jambi lain; Maulana dan Budi Setiawan.

“Modal didukung Fasha saja sudah membuat HAR ‘kuat’, apalagi ditambah dukungan Haris-Sani,” tambahnya.

Sehingga, langkah politik Nasdem dukung pasangan Haris-Sani di Pilgub Jambi, adalah strategi yang jitu.(*)