Jambi  

Gubernur Jambi Al Haris Dorong Pembangunan Jembatan Sungai Rambut Tanjab Timur

Gubernur Jambi Al Haris hadiri acara pembahasan usulan pembangunan Jembatan Sungai Rambut di Kabupaten Tanjung Jabung Timur
Gubernur Jambi Al Haris hadiri acara pembahasan usulan pembangunan Jembatan Sungai Rambut di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Foto: Istimewa

JAMBI, Jambiwin.com – Gubernur Jambi Al Haris bersama Kemendagri dan Kementerian/Lembaga terkait melakukan pembahasan usulan pembangunan Jembatan Sungai Rambut di Kabupaten Tanjung Jabung Timur di Hotel Millenium Jakarta, Rabu (04/09/2024).

Pembahasan ini dihadiri Kepada Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan DPOD, Valentinus Sudarjanto Sumitu, Analis Kebijakan Ahli Madya Sekretariat Wakil Presiden Dunny Widyanto dan anggota DPR RI Dapil Jambi A Bakri.

Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan ia  akan terus mendorong keinginan pembangunan Jembatan Sungai Rambut yang mengarah ke arah Ujung Jabung dimana jembatan ini tidak hanya menghubungkan ke pelabuhan Ujung Jabung tetapi juga akses tiga kecamatan.

“Kami mengajukan kepada Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) tentang keinginan pembangunan Jembatan Sungai Rambut. Kita memerlukan kepastian hukum dari keinginan pembangunan jembatan, karena sudah ada uang Negara yang masuk untuk membangun sebagian dermaga dan tiang pancang,” ujar Al Haris.

“Jembatan ini tidak hanya untuk pelabuhan tetapi juga akses ke 3 kecamatan. Saya kira ini akan menjadi fokus kita bersama kementerian terkait, juga dari Setwapres dan Kemendagri. Mudah-mudahan ini bisa diwujudkan, paling tidak meskipun ini nanti 2025 dan berikutnya, dokumen sudah klop semuanya dan nanti tinggal pembangunannya,” tambah Al Haris.

Sementara itu Analis Kebijakan Ahli Madya Sekretariat Wakil Presiden, Dunny Widyanto menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Jambi Al Haris atas tindak lanjut yang akan dilakukan sehubungan terkait usulan pembangunan Jembatan Sungai Rambut.

“Kami dari Sekretariat Kepresidenan sebagai salah satu dari representasi Dewan Pertimbangan Otonomi Daetah (DPOD) menyambut gembira kedatangan Bapak Gubernur beserta perangkatnya yang menyampaikan proyek ini. Kami pada dasarnya mendukung penuh keinginan proyek ini,” ungkap Dunny.

“Untuk tindak lanjutnya kami ada mekanisme di DPOD yang akan kami tindak lanjuti. Kami akan mengundang beberapa kementerian/lembaga untuk melengkapi ini sehingga proyek ini dapat diakselerasi dengan baik. Dan kami akan menyampaikan laporannya kepada Bapak Gubernur dan Pemda Jambi. Kami berharap ini menjadi salah satu proyek unggulan di Jambi untuk mendukung salah satu potensi ekonomi di Indonesia,” ujar Dunny. (red)